ITB Ahmad Dahlan dan Pemerintah Kota Tangsel Bahas Kolaborasi Riset Matching Fund

Peluang kolaborasi riset insan akademik dengan dunia usaha dan industri, termasuk dengan pemerintah daerah semakin terbuka lebar. Apalagi hal tersebut didukung oleh ekosistem kolaborasi yang diciptakan oleh Kemdikbudristek RI melalui Program Riset Kolaborasi Kedaireka.id.

Menindaklanjuti peluang tersebut, Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) melakukan diskusi kelompok terpumpun dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang difasilitasi oleh Bappeda Kota Tangerang Selatan (16/03/2022). Pemandu diskusi adalah Pitri Yandri, Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M).

Dilaksanakan secara virtual, pertemuan dihadiri oleh Kepala Bappeda Kota Tangerang Selatan, Eki Herdiana. Dalam sambutannya, Eki mengatakan bahwa banyak tantangan dan masalah dihadapi oleh Kota Tangerang Selatan sebagai daerah buffer zone DKI Jakarta. Penyelesaian masalah tersebut perlu keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di Tangsel, khususnya insan akademik.

Pelaksanaan FGD tersebut dilakukan dengan tujuan untuk saling bertukar gagasan. Dari diskusi tersebut diperoleh informasi problem kemasyarakatan yang dihadapi oleh setiap OPD. Diskusi menghasilkan enam problem utama yang akan diangkat ke dalam proposal riset pengembangan untuk kemudian diusulkan kepada Kemdikbudristek RI melalui program riset Matching Fund KedaiReka.id.

Semoga FGD tersebut menghasilkan riset dan kreasi rekacipta untuk kemaslahatan masyarakat di Kota Tangerang Selatan di masa mendatang. #

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.